jodhypati
BILLY JODI SETIAWAN

Minggu, 21 Maret 2010

Linux Debian

Debian adalah terkemuka di dunia yang sama sekali non-komersial distribusi Linux gratis. Sisa yang setia kepada konsep yang di atasnya Linux itu diciptakan, diproduksi oleh ratusan pengembang relawan di seluruh dunia. Berlawanan dengan kesalahpahaman yang umum, Debian adalah guru tidak hanya untuk Linux. Sebagai soal fakta, karena anda akan lihat pada halaman panduan, dengan sistem manajemen paket tingkat lanjut menjadikannya salah satu distribusi yang lebih mudah bagi pengguna Linux baru untuk bekerja dengan. Berikut adalah beberapa keuntungan:


• Non-Prop: Debian adalah benar distribusi GNU / Linux menggunakan perintah UNIX standar. Hal ini memastikan bahwa apa yang Anda pelajari hari ini tidak akan menjadi usang dalam dua tahun dan membuatnya lebih mudah untuk juga belajar bagaimana bekerja dengan sistem UNIX.
• Mudah Pemeliharaan: Sebuah mulus, benar-benar-sistem manajemen paket terintegrasi memudahkan untuk menjaga sistem anda up to date dan bebas dari anak yatim file dan produk-produk yang tidak kompatibel. Kebanyakan paket ketergantungan akan ditangani secara otomatis sehingga Anda tidak mendapatkan "Gagal dependensi" kesalahan biasa ditemui ketika mencoba untuk menambahkan perangkat lunak pada sistem berbasis RPM seperti Red Hat dan Suse.
• Otomatis penambalan: sistem paket Debian juga memungkinkan Anda untuk menggunakan satu perintah untuk memperbarui seluruh sistem anda (sistem operasi dan menginstal paket) melalui Internet. Hal ini memungkinkan Anda untuk menggunakan scheduler untuk secara rutin menjalankan sebuah shell script untuk secara otomatis memperbarui sistem anda dengan program terbaru, OS, dan patch keamanan.
• Luas: Hanya paket perangkat lunak bebas (aplikasi, utilitas, dll) diperbolehkan untuk dimasukkan dalam distribusi Debian resmi, dan arus distribusi biner datang di 31 CD atau 5 DVD karena ada lebih dari 25.000 dari mereka. Dengan Debian, Anda tidak memiliki berbeda "server" dan "workstation" atau "pribadi" edisi. Itu semuanya dalam satu.
• Dukungan Pilihan: dukungan rekan tersedia melalui komunitas listservs (mailing list) dan chat room. Balasan untuk pesan bahkan mungkin dari mereka yang membantu mengembangkan produk. Dan karena Anda tidak mungkin orang pertama yang menemukan masalah tertentu, ada juga dicari arsip pesan listserv. Jika perusahaan Anda membutuhkan dukungan komersial kontrak tidak takut. Banyak dukungan nirlaba operasi menawarkan berbagai opsi dukungan teknis. Dengan Debian, Anda tidak perlu khawatir mengenai upgrade dipaksa vendor menurun karena dukungan untuk versi lama.
• Minimal Investasi: peformance Debian sangat baik bahkan dengan persyaratan perangkat keras sederhana Linux terkenal. Sementara sebagian besar membutuhkan OS lebih baru, lebih cepat, lebih besar perangkat keras, Debian memungkinkan Anda untuk memanfaatkan sistem Pentium lama itu bukan melemparkan mereka ke tempat pembuangan sampah. Ini, bersama dengan fakta bahwa anda dapat memuat satu salinan Debian sebagai banyak sistem seperti yang Anda inginkan, berarti Anda dapat mengkonfigurasi perusahaan-besaran biaya yang sangat kecil.
• Reliable: Debian fokus pada stabilitas dan keandalan hasil di server yang Anda mungkin harus me-reboot sekali setahun, bukan sekali sebulan.
• User-sentris: Baru versi Debian dikembangkan ketika perubahan surat perintah satu, bukan untuk menghasilkan pendapatan dari upgrade. (Anda hanya perlu melihat nomor versi dari berbagai distribusi untuk memverifikasi ini.)
Debian disc gambar yang tersedia untuk di-download dari www.debian.org. Jika Anda men-download gambar, pastikan untuk men-download saat ini "stabil" rilis (mendapatkan "i386" ditetapkan untuk sistem PC Intel). Namun, men-download dan membakar 31 CD atau 5 DVD butuh waktu dan usaha. Anda juga dapat membeli siap pakai DVD set dari Web vendor untuk sekitar $ 20 dengan CD set biaya lebih. (Kita sekarang menjual CD / DVD set untuk membantu membiayai operasi bebas iklan dari situs ini.)

Jika anda tidak memiliki komputer cadangan kita punya kabar baik. Linux tidak membutuhkan banyak. Anda dapat mengambil Pentium-III pada situs-situs seperti eBay untuk baik di bawah $ 50. Sebuah sistem dengan 128 meg RAM dan sebuah 4-pertunjukan drive lebih dari cukup untuk kebutuhan kita. (Jika Anda memiliki jaringan pastikan untuk mengambil sebuah kartu jaringan untuk itu juga. Digunakan 3Com 3C905s akan sekitar $ 10.) Jika uang lebih ketat Anda selalu bisa saja mengambil bekas 2-pertunjukan hard-drive dan me-mount bahwa dalam anda sistem yang sekarang (opsi ini akan kita bahas secara lebih rinci pada Instalasi halaman).


Mengapa Tidak Debian?

Jika Anda adalah tipe orang yang suka basis operasi Anda di tepi berdarah, Debian ini bukan untuk anda. Debian fokus pada penyediaan yang stabil, sistem operasi handal di semua platform perangkat keras berarti tidak akan pernah menjadi "pertama ke pasar" dengan bel dan peluit baru. Mereka dimasukkan ke dalam rilis baru sekali bug yang telah ditemukan dan berhasil.


Mengapa Kami?

Pertama-tama, No Advertising! Dengan begitu banyak situs di luar sana yang begitu penuh dengan banner dan iklan pop-up yang ada di bawah-benar menyakitkan untuk menggunakannya, kami ingin menjaga pengalaman belajar Linux anda bebas dari gangguan tersebut. Sebagai alternatif, kita telah memilih untuk menggunakan buku Amazon link dan menjual Debian cakram dan perlengkapan untuk mencoba dan meningkatkan dana yang diperlukan untuk menjaga situs ini beroperasi. Kami merasa pendekatan ini menawarkan situasi menang-menang di mana kita meningkatkan pendapatan operasi dan Anda mendapatkan buku-buku besar, perangkat lunak, dan lain-lain dalam proses.

Kedua, sumber daya Linux cenderung untuk jatuh ke dalam dua kategori; orang-orang untuk pemula yang mencakup dasar-dasar tetapi tidak pernah masuk ke dalam "hal-hal yang menyenangkan" seperti server dan firewall, dan mereka yang tidak bisa masuk ke hal-hal yang menyenangkan tetapi mengasumsikan bahwa pembaca memiliki banyak pengalaman dengan Linux.

Kami mengambil jalan tengah di sini, "hal-hal yang menyenangkan untuk pemula" jika Anda mau. Kami merasa cara terbaik untuk belajar adalah dengan melakukan. Jadi setelah meliputi dasar-dasar pada Dasar-dasar Linux halaman, dan mendapatkan sebuah sistem berdiri dan berjalan pada Instalasi dan Paket halaman, kami terjun langsung ke hal-hal yang menyenangkan. Bila Anda belajar dengan melakukan dan kemudian membeli beberapa buku Linux Anda akan lebih mengerti apa yang sedang disajikan dan lebih menghargai kedalaman materi.

Tidak ada komentar: